Pisang sudah dikembangkan secara komersial sejak puluhan tahun silam. Buah ini memiliki jenis atau varian yang cukup banyak. Di Indonesia sendiri, ada beberapa pisang lokal yang cukup digemari seperti pisang candi, pisang raja, hingga pisang kepok.

Selama ini kita mengenal pisang sebagai salah satu sumber karbohidrat kompleks. Tidak mengherankan jika buah ini sering digunakan untuk diet. Nah, selain itu tahukah Anda jika pisang juga memiliki fungsi lain, berikut selengkapnya.

1.     Mengontrol Tekanan Darah

Salah satu manfaat dari pisang yang jarang sekali diketahui adalah mampu mengontrol tekanan darah. Seseorang yang sudah memiliki “bakat” hipertensi atau tekanan darah tinggi disarankan untuk mengkonsumsi pisang secara rutin. Terlebih saat gejala dari hipertensi muncul.

Salah satu kandungan dari pisang yang bisa stabilkan tekanan darah adalah potasium. Kandungan ini akan membantu menurunkan tekanan darah yang terlalu tinggi.

2.     Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Pisang mengandung vitamin yang cukup banyak. Beberapa vitamin yang kandungannya besar pada pisang adalah Vitamin A, C, dan B6. Tiga vitamin ini bisa membantu tubuh untuk menjaga daya tahan.

Mengkonsumsi pisang secara rutin akan membuat tubuh lebih kebal dan daya tahan meningkat, sehingga risiko untuk mengalami sakit sangat kecil. Meski demikian jika hanya memakan pisang saja, seseorang tidak akan serta merta akan sehat.

Buah ini harus didukung juga dengan bahan makanan lain yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak. Dengan mengkonsumsi berbagai jenis makanan ini, kondisi tubuh akan selalu terjaga dan tidak mudah drop.

3.     Menurunkan Risiko Kanker Usus

Mengkonsumsi pisang akan menurunkan risiko sembelit. Kandungan serat yang cukup tinggi di dalam buah ini akan melancarkan buang air besar setiap harinya.

Apabila seseorang jarang sekali mengalami masalah pada pencernaan, risiko mengalami kanker pada usus akan mengecil. Sebaliknya jika sering mengalami sembelit hingga terjadi perdarahan pada sistem pencernaan, risiko itu bisa saja naik.

4.     Melancarkan Sirkulasi ke Otak

Rutin mengkonsumsi pisang juga akan melancarkan sirkulasi ke otak. Sirkulasi yang terjadi ke otak ada dua yaitu sirkulasi oksigen dan kedua adalah sirkulasi hasil pencernaan makanan.

Apabila otak mendapatkan suplai energi dan oksigen yang cukup, fungsinya bisa dimaksimalkan. Jadi, Anda bisa lebih segar dan produktivitas kerjanya tinggi.

5.     Mencegah Anemia

Rutin mengkonsumsi pisang juga akan membuat Anda bebas dari risiko anemia. Kandungan nutrisi yang ada pada pisang akan mencegah tubuh kekurangan sel darah merah dan membuat seseorang jadi tidak mudah lemas.

Hal inilah yang membuat seseorang yang memiliki risiko anemia tinggi harus mengkonsumsi pisang setiap hari.

6.     Mencukupi Kebutuhan Mikronutrien

Beberapa mikronutrien juga terkandung pada pisang. Selain potasium yang sudah dibahas sebelumnya, pisang juga mengandung mangan dan magnesium. Dua zat ini sangat bermanfaat untuk tubuh sehingga kebutuhannya tidak boleh kurang.

Mangan bermanfaat untuk membantu metabolisme pada tubuh. Sementara itu magnesium bermanfaat sebagai pelindung berbagai organ dalam tubuh. Jika kadar magnesium menurun, beberapa organ tidak akan bekerja dengan maksimal.

Makan buah pisang secara rutin memang bermanfaat untuk kesehatan. Itulah kenapa Anda disarankan untuk membeli buah ini dan menyajikannya di rumah. Jika merasa malas untuk ke pasar apalagi sedang pandemi, coba gunakan aplikasi Tanihub.

Tanihub menyediakan berbagai jenis pisang. Buah tersebut didapatkan langsung dari petani Indonesia. Setelah masuk ke dalam gudang, buah akan mendapatkan pemeriksaan untuk diperiksa kualitasnya.

Membeli di Tanihub akan memudahkan Anda dalam mencukupi kebutuhan. Terlebih di sana juga tersedia aneka jenis, sayur, bumbu, hingga berbagai pilihan protein seperti daging dan ayam untuk melengkapi semua kebutuhan dapur anda.

By narasi