Kendaraan-Kendaraan Paling Ramah Lingkungan

Saat ini mulai populer dengan istilah kendaraan yang ramah lingkungan. Hal ini dilakukan sebagai langkah untuk mengatasi perubahan iklim yang disebabkan oleh emisi karbon. Semua industri otomotif berlomba-lomba membuat inovasi untuk memberikan kendaraan dengan emisi terendah. Kendaraan-kendaraan berikut yang paling ramah lingkungan adalah

1. Pengertian Kendaraan Ramah Lingkungan

Kendaraan ramah lingkungan adalah kendaraan bermotor yang menggunakan alternatif bahan bakar tertentu yang tidak memberikan dampak berbahaya bagi lingkungan.

Salah satu yang dapat menjadi contoh seperti mobil listrik dan sepeda motor listrik. Kendaraan ramah lingkungan akan menghasilkan emisi yang sangat sedikit dibandingkan dengan kendaraan konvensional dengan bahan bakar fosil.

2. Jenis-Jenis Kendaraan Ramah Lingkungan

  • Mobil Listrik

Mobil listrik sudah pasti berbeda dengan mobil konvensional pada umumnya yang menggunakan bahan bakar bensin. Sedangkan untuk kendaraan ramah lingkungan menggunakan bahan bakar alternatif seperti mobil listrik hybrid, mobil listrik baterai, dengan penggunaan hidrogen dan kompresi udara.

Di Indonesia mobil listrik telah cukup populer kehadirannya, sedikit demi sedikit masyarakat Indonesia mulai memilih dan berganti menggunakan kendaraan alias mobil listrik.

  • Motor Listrik

Bukan hanya mobil yang menggunakan bahan bakar ramah lingkungan, kini motor juga hadir dengan menggunakan bahan bakar ramah lingkungan. Seperti contohnya motor listrik demi mengurangi polusi udara, yaitu dengan cara menekan emisi udara.

Motor listrik juga menjadi salah satu pilihan yang dapat digunakan untuk mendukung Indonesia minim polusi. Di Indonesia sendiri kehadiran motor listrik sudah banyak berlalu-lalang. Walaupun memang tidak sebanyak dengan motor konvensional.

Kita dapat membedakan motor listrik dengan motor konvensional dari plat nomornya yang memiliki garis biru. Untuk pengisian ulang bahan bakarnya juga tidak begitu sulit, kita dapat melakukannya dirumah hal ini dikarenakan daya yang dibutuhkan tidak sebesar daya mobil listrik.

  • Bus Listrik

Bus listrik juga telah hadir di Indonesia, bus Listrik pertama kali hadir di kota Jakarta. Bus listrik sudah beroperasi di Jakarta. Ada beberapa keunggulan dari bus listrik seperti bebas emisi polusi udara, tidak mengeluarkan suara bising, perawatan yang relatif murah dan baterai yang cukup bertahan lama.

Kekuatan dari baterai dengan pengisian selama 4 jam dapat digunakan dengan jarak tempuh sampai sejauh 250 km. Kita juga dapat menggunakan alat transportasi umum yang ramah lingkungan ini untuk menghindari polusi udara.

  • Bus Tenaga Surya

Tidak hanya bus listrik, bus tenaga surya juga menjadi kendaraan yang ramah lingkungan. Bus tenaga surya ini juga ternyata lebih canggih dibandingkan dengan bus listrik. Bus ini memanfaatkan energi tenaga matahari untuk menjalankannya. Bus tenaga surya ini di produksi oleh negara China, yakni Beyound Your Dream.

  • Sepeda Listrik

Saat ini sepeda Listrik tengah naik daun, sepeda listrik sedang populer di kalangan masyarakat Indonesia, banyak Masyarakat yang sudah berpindah dan menggunakan sepeda Listrik sebagai kendaraannya.

Harga dari sepeda Listrik juga sangat bervariasi dan cukup terjangkau. Ada banyak merek dari sepeda listrik yang bisa dipilih. Selain itu juga sepeda listrik termasuk kekndaraan ramah lingkungan yang paling murah diantara kendaraan ramah lingkungan lainnya.

Sehingga kita dapat membantu mengurangi pencemaran udara dan menjaga lingkungan udara. Keunggulan lain dari sepeda listrik ini kita tidak akan merasakan cape mengayuh, seperti sepeda konvensional pada umumnya. Kita hanya perlu menekan gas sehingga kita tidak akan merasa kelelahan saat bersepeda.